Manfaat Bermain Di Taman Bagi Anak

Bermain merupakan faktor yang berpengaruh dalam periode perkembangan diri anak. Dalam perkembangan diri ini meliputi dunia fisik, sosial, dan komunikasi. Kegiatan bermain juga memengaruhi beberapa aspek.

Aspek tersebut meliputi aspek kognisi, aspek sosial, emosional, komunikasi, kesadaran diri, dan keterampilan motorik. Bermain juga kegiatan yang penting untuk tumbuh kembang anak. Dalam bermain juga harus di lakukan dengan rasa senang, agar proses belajar anak makin berkembang.

Pengertian Taman Bermain Anak

TEMPAT ANAK ANAK BERMAIN

jiaren.id

Sebelumnya pengertian dari taman bermain anak perlu di mengerti. Taman adalah salah satu fasilitas publik yang di gunakan untuk melakukan aktivitas yang menyenangkan untuk semua kalangan masyarakat. Bagi anak, taman merupakan sarana untuk memenuhi kebutuhan bermain.

Anak memang butuh ruang bermain terbuka yang luas. Taman bermain anak dipercaya bisa menumbuhkan rasa bahagia dan ceria. Untuk itu, keberadaan taman bermain anak perlu di jaga kebersihan dan kelestariannya.

Taman kota selain untuk penghijauan, juga di harapkan bisa menjadi sarana bermain anak yang nyaman dan nyaman. Selain itu, taman mengajarkan anak akan banyaknya hal positif yang bisa di lakukan di taman bermain anak.

Perawatan taman juga perlu tanggung jawab dari berbagai pihak. Jika fasilitas taman ini layak untuk anak, secara otomatis kesejahteraan orang tua dan seluruh kalangan terpenuhi. Sehingga masyarakat juga akan merasakan manfaat dari taman ini

Fungsi Taman Bermain Anak

TAMAN BERMAIN UNTUK ANAK-ANAK

radarindonesianews.com

Fungsi dari taman bermain anak ini memiliki banyak fungsi. Di antaranya adalah :

  1. Sebagai sarana rekreasi
  2. Sebagai sarana komunikasi sosial
  3. Sarana untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak
  4. Sebagai sarana melatih motorik anak
  5. Sebagai sarana melatih keseimbangan anak
  6. Sarana mengasah kecerdasan anak
  7. Sebagai sarana belajar anak
  8. Sebagai sarana mengasah perkembangan Bahasa anak
  9. Sarana mengembangkan otak kanan
  10. Sebagai sarana untuk mengembangkan kognitif anak
  11. Sebagai sarana untuk mengatur emosi anak
  12. Sarana untuk membuat perilaku anak menjadi lebih baik
  13. Sebagai sarana untuk membuat anak banyak bergerak

Manfaat Bermain Bagi Anak Usia Dini

MANFAAT BERMAIN UNTUK ANAK

kla.id

Kegiatan bermain bagi beberapa orang di anggap sebagai kegiatan yang membuang-buang waktu. Namun manfaat bermain bagi anak usia dini ini sangat penting. Bermain bisa membantu anak dalam meningkatkan kreativitasnya. Selain itu, bermain bisa mengasah otak kanan

Dengan melakukan permainan, kemampuan imajinasi anak akan berkembang. Hal ini bukanlah sesuatu yang negatif. Saat anak mulai melakukan hal-hal yang baru, maka kreativitas anak mulai berkembang dengan sendirinya.

Bermain juga bisa mengenal diri sendiri. Sejak dini, anak juga harus mengenal dirinya sendiri dengan bermain. Dari kegiatan bermain, maka anak bisa mengenal permainan yang di sukai maupun tidak. Di situlah anak mulai mengetahui hal yang di sukai dan hal yang tidak di sukai.

Jangan sekali-kali melarang anak untuk bermain, asal permainan tersebut tidak berbahaya. Dengan bermain, rasa percaya diri anak bisa meningkat. Karena anak bisa memutuskan apa saja yang harus mereka lakukan

Manfaat bermain di taman bagi anak usia dini juga bisa mengajarkan anak untuk bersosialisasi. Karena selama ini, orang tua mendidik anaknya agar menjadi anak yang berprestasi akademik. Hal ini tidak salah, namun dituntut belajar setiap hari, kemampuan sosialisasi anak akan berkurang.

Manfaat Bermain Menurut Para Ahli

PENDAPAT PARA AHLI TENTANG BERMAIN

goodnewsfromindonesia.id

Menurut Hetherington dan Parke, bermain memiliki manfaat untuk mempermudah perkembangan kognitif anak. Dengan bermain, anak akan mulai meneliti dan mempelajari lingkungan dan sesuatu yang di hadapi.

Bermain juga bermanfaat dalam perkembangan sosial anak. Dengan menunjukkan bermacam-macam peran, anak berusaha memahami peran orang lain. Sekaligus juga menghayati peran yang akan di ambil setelah anak dewasa

Dworetzky juga mempunyai pendapat mengenai manfaat bermain di taman bagi anak. Yaitu mengembangkan kognitif dan jiwa sosial anak. Selain kognitif dan sosial, perkembangan Bahasa, disiplin, moral, kreativitas, dan fisik juga berkembang.

Menurut Montololu, manfaat bermain bagi anak adalah untuk memicu kreativitas, mencerdaskan otak, serta melatih empati anak. Dengan bermain, anak juga akan di asah kemampuan fisik sekaligus menjadi media untuk terapi.

Karena dengan bermain, bisa memicu ide anak dan menggunakan imajinasi dan kreativitas anak. Dalam mengembangkan sikap senang bermain dipengaruhi oleh beberapa faktor. Faktor-faktor tersebut meliputi motivasi, lingkungan yang mendukung, dan perilaku anak ketika bermain.

Hal ini di lakukan agar kegiatan senang bermain ini bisa terlaksana dengan baik. Anak didik juga harus dituntut untuk memiliki perhatian dan daya tangkap yang sesuai dengan kemampuan anak.

Manfaat Dari Kegiatan Bermain Bagi Anak

BERBAGAI MANFAAT BERMAIN BAGI ANAK

youtube.com

Jangan sekali-kali melarang anak untuk bermain di taman. Karena manfaat bermain di taman bagi anak sangat penting. Salah satunya adalah membentuk diri anak. Ketika bermain, anak akan menentukan berbagi pilihan. Mereka harus memilih apa yang ingin mereka mainkan dan dengan siapa ia bermain.

Pilihan tersebut bisa membantu membentuk diri sang anak dan membuat anak merasa mampu mengendalikan diri. Identitas diri anak juga bisa berkembang tanpa rasa takut kalah maupun gagal. Semakin dewasa, anak akan mampu menghadapi tantangan yang ada.

Manfaat bermain di taman bagi anak selanjutnya adalah bisa melatih mental anak. Di saat anak bermain, anak akan mengeluarkan ide dan imajinasi yang tersimpan. Anak kemudian akan mendapatkan pengetahuan yang baru.

Selain itu, bermain juga bisa membebaskan anak dari stres. Dengan bermain, anak akan di ajarkan untuk melepas penat. Stres yang melanda anak biasanya di sebabkan oleh rutinitas sehari-hari yang sangat membosankan.

Bermain juga bisa menjadi media untuk menyalurkan keinginan dan kebutuhan anak. Kebutuhan yang tidak bisa di penuhi dengan cara lain, bisa dilampiaskan dengan bermain.

Baca Juga Artikel

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply