Penyebab Anak Nakal Yang Perlu Diwaspadai Orang Tua

Para orang tua pastilah menginginkan anak anak mereka menjadi anak anak yang baik. Hampir dipastikan bahwa semua orang tidak ada yang menginginkan anak mereka menjadi anak yang nakal, susah diatur , dan keras kepala. Anak menjadi nakal dan keras kepala bukan tanpa sebab. Mereka dipengaruhi oleh beberapa faktor sehingga mereka menjadi nakal dan memiliki sifat jelek lainnya. Ada beberapa penyebab anak nakal yang para orang tua perlu untuk mengetahuinya.

Bagi para orang tua yang ingin agar anaknya tidak nakal, susah diatur dan keras kepala. Maka anda harus mengetahui serta membaca artikel yang berikut ini. karena dalam artikel kali ini akan dibahas mengenai penyebab anak nakal yang perlu diketahui oleh orang tua. Bagi yang masih bingung apa saja penyebab anak nakal yang perlu diwaspadai orang tua, anda harus baca artikel yang berikut ini:

1. Kebiasaan Dimanjakan Oleh Orang Tua

PENYEBAB ANAK MANJA

hellosehat.com

Kebiasaan orang tua yang menyayangi anaknya secara berlebihan sampai sampai semua yang diinginkan oleh anaknya dipenuhi tanpa ada pertimbangan. Hal semacam ini juga kurang benar.

Hal itu dikarenakan anak yang terbiasa dengan mudah mendapatkan apa yang dia inginkan akan menganggap bahwa semua kebutuhannya harus terpenuhi. Sifat yang timbul karena kebiasaan dimanja adalah dapat membuat anak merasa lebih dari yang lain. Dan suka bertindak sesuka hati mereka.

Lama kelamaan anak akan menjadi nakal karena beranggapan bahwa semua orang yang ada di sekelilingnya harus menuruti kemauannya. Anak akan memiliki sikap egois dan ingin menang sendiri. Walaupun tidak semua anak yang dimanjakan akan menjadi anak yang nakal. Akan tetapi sebagian besar anak yang hidup dengan segala kemudahan akan meremehkan orang lain.

2. Memiliki Keluarga Yang Kurang Harmonis

Faktor keluarga merupakan salah satu faktor yang dapat memicu timbulnya sifat nakal pada anak. Anak yang berlatar belakang keluarga tidak harmonis seperti misalnya ayah dan ibu anak tersebut berpisah.

Perpisahan tersebut berdampak pada anak yang mungkin sedang butuh kasih sayang dari kedua orang tuanya. Namun kasih sayang yang dia inginkan tidak dapat dia dapatkan karena kedua orang tuanya telah berpisah. Alhasil si anak tersebut mencari pelampiasan dengan kenakalan kenakalan yang dia lakukan.

Beberapa anak yang melakukan kenakalan kenakalan karena anak tersebut hendak mencari perhatian orang lain. Karena perhatian yang seharusnya diberikan oleh kedua orang tuanya sudah tidak dia dapatkan. Sehingga dia perlu mencari perhatian dari yang lain.

3. Pendidikan Yang Terlalu Keras

PENDIDIKAN DARI ORANGTUA YANG KERAS

kiblatmuslimah.com

Banyak orang tua yang menerapkan sistem pendidikan pada anak mereka dengan paksa. Misalnya kamu jam segini harus begini jam segitu harus begitu dan lain sebagainya.
Pola pendidikan yang semacam ini juga kurang baik bagi anak. Karena semakin anak merasa terkekang oleh peraturan yang diciptakan orang tua mereka. Akan membuat anak semakin memberontak kepada orang tua.

Sebaiknya pendidikan itu disesuaikan dengan kapasitas kemampuan yang dimiliki oleh si anak. Dan juga bagi waktu dengan kegiatan yang lain janganlah waktu anak hanya tercurah pada pendidikan yang bersifat formal saja. Karena anak juga memerlukan waktu untuk bermain dan mengenal lingkungan mereka.

Bermain dan mengenal lingkungan juga merupakan pendidikan yang harus diketahui oleh anak yang sedang mengalami perkembangan dan pertumbuhan. Dan juga agar si anak tidak merasa asing dengan lingkungan tempat tinggalnya

4. Memiliki Komunikasi Yang Kurang Baik

Jika anak dan orang tua menjalin hubungan komunikasi yang baik maka semua berjalan tanpa masalah. Akan tetapi jika orang tua dan anak tidak terjalin komunikasi yang yang kurang baik akan memicu timbulnya masalah.

Masalah tersebut juga akan memicu sifat anak menjadi nakal dan susah diatur. Anak tidak terbuka terhadap kedua orang tuanya tentang masalah apa yang dia hadapi. Baik dengan teman maupun dengan orang lain di luar rumah.

5. Lingkungan Pergaulan Yang Salah

LIGKUNGAN ANAK YANG SALAH

YOUTUBE.COM

Selain hubungan dengan orang yang ada di rumah. Hubungan dengan lingkungan sekitar rumah seperti tetangga juga ikut andil menjadi pemicu anak menjadi nakal.

Kebanyakan anak menjadi nakal karena hubungan dengan lingkungan adalah salahnya memilih dan memilah mana teman yang baik dan yang tidak. Jika si teman memiliki sifat yang buruk, sifat tersebutlah yang kemungkinan besar akan menular pada anak anda.

6. Kepercayaan Agama Atau Religi

Dengan membekali anak dengan pengetahuan agama yang mumpuni akan membuat anak menjadi mengerti mana yang baik dan mana yang tidak.

Orang tua sebaiknya juga memberikan pengajaran tentang agama pada anak sedari dini atau semenjak anak kecil.

Anak juga dapat memiliki sifat nakal jika pendidikan agama yang diberikan kurang. Selain sifat nakal, yang ditimbulkan jika ajaran agama yang dimiliki anak sangat minim adalah juga anak yang memiliki moral yang rendah.

7. Emosi Yang Dimiliki Oleh Anak

ANAK PEMARAH

appletreebsd.com

Anak yang memiliki mental atau emosi yang lemah akan membuat anak menjadi mudah marah. Walaupun dengan hal yang sepele anak akan sangat marah. Emosi dan mental dapat diperbaiki dengan pendidikan moral yang diberikan pada anak.

Anak yang sering marah akan berkemungkinan besar menjadi anak yang nakal nantinya. Dan orang tua perlu memberikan pendidikan moral yang lebih jika anak memiliki emosi yang berlebih.

Begitu banyak penyebab anak nakal yang dapat menjadikan anda para orang tua lebih waspada pada anak anda. Karena anak yang nakal bukan sepenuhnya adalah salah si anak. Akan tetapi juga salah dari orang yang mengasuhnya yang tidak lain adalah orang tuanya.

Paparan di atas dapat anda jadikan salah satu wawasan jika anak anda mulai menunjukkan kenakalannya.

Baca Juga Artikel

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply