2
16

Tips Liburan Hemat Untuk Keluarga Yang Mudah Dilakukan

Pergi ke tempat wisata untuk mencari suasana yang indah di saat kita merasa kelelahan itu sangat perlu sekali, lho. Kamu bisa berlibur dengan keluarga maupun teman yang lainnya. Dengan menikmati keindahan suasana berlibur akan membuat kita menjadi fresh kembali. Pergi berlibur dengan keluarga akan menjadi semakin harmonis hubungan kekeluargaannya. Tempat-tempat wisata untuk berlibur selalu menawarkan pesona keindahan bagi semua pengunjung. Kamu bisa berlibur baik ke pantai, pegunungan, wahana air dan lain sebagainya sesuai dengan keinginan kamu.  Namun, kita juga perlu merencanakan berlibur dengan biaya yang tidak terlalu mahal, lho. yuk, simak tips liburan hemat untuk keluarga, diantaranya:

1. Tentukan Tema Liburan

liburan keluarga hemat

TRIPTUS.COM

Langkah yang paling awal yang kamu lakukan yaitu menentukan tema liburan. Dengan memilih tema yang kamu inginkan maka dapat meminimalisir pilihan tempat. Kamu lebih terpusat dengan satu tema saja. Sehingga menjadikanmu lebih terpusat hemat dalam memilih tempat wisata yang sesuai.

2. Pergi Liburan Di Hari Biasa Saja

Jangan gunakan waktu-waktu berlibur di hari spesial atau long weekend. Karena tempat wisata di hari-hari seperti itu akan menaruh tarif yang mahal. Jadi lebih baik gunakan hari biasa untuk pergi liburan, ya. Dengan begitu akan lebih menghemat pengeluaran yang terjadi selama kamu liburan.

3. Menginap Di Rumah Teman Atau Saudara

Tentunya kamu sudah tahu kalau menginap di Hotel itu membutuhkan dana yang tidak sedikit. Untuk itu, kamu bisa menggunakan alternatif lain dengan cara menginap di tempat saudara yang dekat dengan lokasi wisata.

Jika tidak ada, maka kamu bisa menginap di rumah warga yang disewakan. Karena harga sewa rumah warga sekitar jauh lebih murah dibandingkan dengan harga penginapan di hotel, lho. Jadi kamu bisa lakukan dengan cara ini agar lebih hemat, ya.

4. Berlibur Secara Rombongan

liburan bareng-bareng

wisataku.net

Ketika kamu akan berlibur lebih baik pergi secara rombongan. Kamu bisa pergi dengan keluarga besar agar biaya liburan lebih hemat. Jika kamu pergi rombongan maka biaya transportasi juga bisa menjadi hemat dapat potongan. Apalagi kalau rombongannya banyak saudara maupun temanmu.

5. Memesan Tiket Pesawat Dengan Strategi

Tips liburan hemat untuk keluarga yang selanjutnya yaitu dengan cara memesan tiket lebih awal. Apalagi jika kamu ingin berlibur ke tempat yang sedang banyak diminati pengunjung. Jika kamu perginya rombongan maka pesanlah tiket sendiri-sendiri. Agar mendapatkan potongan perorangnya.

6. Konsultasi Dengan Teman Yang Berpengalaman

Jika kamu sudah menentukan tempat yang ingin kamu kunjungi maka selanjutnya mencari info terkait tempat wisata tersebut. Kamu bisa menanyakan dengan temanmu yang sudah ke tempat tersebut. Dengan begitu kamu lebih detail mengetahui wisatanya agar lebih jelas.

7. Kunjungi Tempat Wisata Yang Baru Launching

objek wisata baru

infopublik.id

Berliburlah ke tempat wisata yang baru launching. Karena pasti banyak promo yang ditawarkan dari pihak wisatanya. Sehingga akan sangat menghemat kantong, bukan? Tempat wisata yang baru launching juga tentunya bangunannya masih bagus untuk dijadikan spot foto, lho.

8. Ikut Paket Wisata

Tips liburan hemat untuk keluarga yang berikutnya yaitu dengan cara kamu ikut paket wisata. Dengan menggunakan paket wisata menjadi murah dan menyenangkan, lho. Misalnya kamu pesan paket travel bus pariwisata yang sudah termasuk dengan paket makan.

9. Mengakali Transportasi

Liburan dengan keluarga tidak harus menggunakan pesawat, lho. Kamu bisa mengakalinya dengan menggunakan transportasi darat seperti bus maupun kereta api. Maka jumlah pengeluaran untuk transportasi bisa diminimalisir untuk digunakan keperluan yang lainnya bukan?

10. Makan Di Tempat Jajanan Murah

makan yang murah meriah

rafiqpei.files.wordpress.com

Pergi liburan tentunya akan sangat dipastikan untuk memerlukan makanan, ya. Namun kamu harus bisa menghindari makan di restoran mewah. Lebih baik lagi jika kamu membawa bekal di saat pergi berlibur. Bekal bisa kamu siapkan pada malam hari sebelum kamu berangkat atau pagi hari, ya.

11. Gunakan Kartu Kredit Untuk Mendapat Potongan Harga

Tips liburan hemat untuk keluarga yang lainnya yaitu dengan menggunakan kartu kredit ketika melakukan transaksi. Jika kamu membayar transportasi maupun membayar makan maka gunakan kartu kredit, ya. Biasanya akan mendapatkan potongan harga jika menggunakan kartu kredit, lho.

12. Utamakan Kenyamanan Daripada Kemewahan

Pemilihan transportasi maupun yang lainnya itu baiknya utamakan kenyamanan, ya. kamu tidak perlu ingin menunjukkan kemewahan ketika berlibur. Karena jika kamu ingin menuruti kemewahan akan cenderung menjadikanmu semakin boros. Sederhana saja itu lebih baik, lho.

Jika kamu seorang yang termasuk instagramable maka tidak perlu ke tempat wisata yang mewah. Karena sekarang banyak tempat wisata yang sedang hits tanpa harus mengeluarkan biaya yang mahal. Jadi buatlah liburanmu senyaman dan sebahagia mungkin tanpa harus memaksakan agar terlihat mewah jika kamu tidak mampu. Sangat mudah untuk liburan yang hemat, bukan?

13. Cermat Membeli Oleh-oleh

beli oleh-oleh secukupnya

ijn.co.id

Pergi liburan pasti tidak jauh dari membeli oleh-oleh khas tempat wisata tersebut. Kamu harus bisa memilih pusat oleh-oleh yang tidak terlalu mahal, ya. Tidak perlu membeli oleh-oleh yang sekiranya di tempat sendiri itu ada. Beli oleh-oleh yang benar-benar sesuai keinginan maupun kebutuhan saja.

14. Tentukan Budget Liburan

Pengeluaran untuk liburan harus ditentukan budget yang akan dikeluarkan. Karena jika kamu tidak menentukan budget maka pengeluaran sangat tidak terkontrol, lho. Untuk itu lebih baik tentukan budget untuk liburan dan budget tersebut harus bisa cukup.

15. Catat Pengeluaran Selama Liburan

Kamu harus mencatat pengeluaran selama liburan itu juga termasuk sebagai tips liburan hemat untuk keluarga, lho. Pengeluaran selama liburan harus sesuai dengan budget yang telah ditentukan untuk kebutuhan berlibur. Kamu tidak bisa melebihi pengeluaran yang sudah ditentukan, ya.

Membuat catatan pengeluaran menjadikanmu lebih bisa membandingkan antara pengeluaran dan budget sudah sesuai atau belum. Catatan pengeluaran dijadikan acuan pengevaluasian apabila pengeluaran tidak sesuai agar untuk selanjutnya tidak terjadi hal tersebut, ya.

Baca Juga Artikel

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply