4
16

Langkah-langkah Agar Anak Tidak Kecanduan Televisi

Maraknya tayangan yang tidak layak untuk ditonton anak-anak merupakan bentuk keprihatinan sendiri bagi orang tua. Hal ini bisa terlihat dari adanya penyimpangan terhadap perilaku anak pada zaman sekarang seperti pacar-pacaran, mengancam, membully teman dan berbagai tindakan negatif lainnya.

Selain itu banyak acara-acara di televisi yang mengandung kata-kata kotor dan tentunya akan mempengaruhi anak untuk mencontohnya. Oleh sebab itu sebagai orang tua kita harus mengambil langkah agar si kecil tidak kecanduan televisi.

Pada dasarnya seorang anak akan meniru dan mencontoh segala kegiatan yang dianggapnya menarik, salah satunya yaitu dari televisi.  Seorang anak dapat dibilang telah kecanduan terhadap televisi jika dia mengabaikan lingkungan sekitar dan sepenuhnya fokus terhadap tayangan televisi. Lalu, bagaimana upaya agar anak tidak kecanduan Tv? Untuk menjawab pertanyaan tersebut berikut ini sedikit penjelasan cara menghindarkan si kecil dari kecanduan televisi.

Mengapa Anak Suka Tayangan Televisi?

NONTON KARTUN

ccmhawaii.org

Sebelum kita membahas mengenai tips agar anak tidak kecanduan tv, ada baiknya untuk mencari tahu penyebab anak suka dengan tayangan televisi. Seorang anak cenderung menyukai hal-hal yang menarik seperti tayangan televisi. Sebenarnya dampak dari acara televisi tidak terlalu berbahaya jika tidak berlebihan dan ditonton sesuai dengan usia.

Namun yang sangat disayangkan porsi tayangan untuk anak sangat sedikit jika dibandingkan dengan tayangan orang dewasa. Bahkan banyak tayangan yang diperuntukkan untuk orang dewasa disiarkan pada jam menonton anak-anak. Tentunya hal inilah yang menjadi dampak buruk program televisi bagi anak. Untuk menghindari hal tersebut, sebagai orang tua tentunya harus memperhatikan segala kegiatan yang dilakukan oleh anak.

Tips Agar Anak Tidak Kecanduan Televisi

NONTON TV DIRUANG TAMU

productivemamas.com

Berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan orang tua dalam upaya mencegah agar anak  tidak kecanduan televisi.

1. Membatasi Acara Yang Ditonton Anak

Ketika Anak sedang asyik menonton televisi, sebagai orang tua Anda tidak perlu mematikan televisi, hal ini justru akan berdampak buruk bagi anak seperti timbulnya sifat pemberontak. Langkah bijak yang dapat dilakukan adalah dengan membatasi anak dalam menonton tayangan televisi.

Ajak anak berdiskusi dan memperbolehkan menonton acara-acara tertentu yang dia sukai. Semisal anak hanya boleh menonton acara satu hingga dua program acara setiap harinya.

Cara ini cukup efektif dalam mencegah anak menonton acara-acara yang tidak sesuai dengan usianya. Selain itu juga Anda dapat dengan mudah mengontrol kegiatan yang dilakukan oleh anak selama berada di depan layar televisi.

2. Ubah Pola Asuh

Salah satu penyebab Anak menjadi kecanduan televisi adalah pola asuh yang salah dari orang tua. Pola asuh yang salah ini misalnya menenangkan anak yang rewel dengan menyuruh menonton tv, menyalakan tv saat memberi makan anak.

Cara ini memang sangat ampuh untuk mencegah anak tidak rewel, tetapi juga akan berbahaya jika dilakukan setiap hari.

3. Menyediakan Buku Bacaan

ANAK MEMBACA BUKU


psikologan.blogspot.com

Buatkanlah Anak rak buku yang berisikan buku-buku bacaan untuk si kecil. Hal ini sangat membantu agar anak tidak jenuh dan tidak ketergantungan dengan acara televisi. Anda bisa membelikan si kecil buku dongeng, buku gambar dan sebagainya.

Ciptakan pula ruangan baca anak semenarik mungkin agar dia betah dan tidak mudah bosan. Selain sebagai langkah agar si kecil tidak kecanduan televisi, Manfaat lain dari membuatkan perpustakaan kecil untuk anak yaitu mampu menambah daya kreativitas anak.

4. Tambah Intensitas Kebersamaan

Saat anak sedang menonton acara televisi, pastikan Anda sebagai orang tua untuk selalu berada di sampingnya. Selain dapat mengontrol acara yang ditonton juga mampu menambah keharmonisan antara orang tua dan anak.

Selain itu untuk menambah intensitas waktu bersama keluarga, Anda dapat mengajak anak berwisata, olahraga dan bercanda bersama. Dengan begitu dapat mengalihkan anak dari kegiatan menonton televisi.

Seringlah untuk mengajak anak berinteraksi supaya kebutuhan emosional anak terpenuhi, dengan begitu kedekatan orang tua dengan anak secara emosional akan semakin dekat. Lakukan hal ini secara rutin, luangkan waktu akhir pekan Anda untuk anak.

5. Menjadi Contoh Bagi Anak

JADI AYAH YABF BAIK DICONTOH

paud.id

Orang tua merupakan panutan bagi anak, untuk itu sebaiknya selalu memberikan contoh yang baik. Misalkan tidak menonton tv hingga larut malam dan memprioritaskan kebutuhan anak dalam memilih tayangan televisi.

Hindari menonton program acara dewasa ketika anak berada di samping Anda, meskipun acara tersebut sangat menarik bagi Anda namun tidak layak untuk ditonton oleh anak. Untuk itu berikan contoh yang baik, karena anak akan meniru apa yang ada di sekelilingnya.

6. Tidak Menyediakan Tv di Ruang Pribadi

Kebiasaan buruk yang sering terjadi di sebagian besar rumah adalah menyediakan televisi di ruang pribadi seperti kamar. Hal ini memiliki pengaruh yang sangat besar bagi perkembangan anak terutama ketergantungan terhadap acara tv.

Hal ini dikarenakan adanya televisi di kamar akan menimbulkan intensitas anak untuk menonton televisi menjadi lebih banyak. Untuk itu cukup sediakan televisi di ruang keluarga.

7. Mengarahkan Anak Untuk Mengikuti Kegiatan Positif

BERIKAN ANAK BUKU BACAAN

siarandepok.com

Langkah yang bisa dilakukan agar si kecil tidak kecanduan televisi lainnya yaitu membimbing dan mengarahkan anak untuk mengikuti kegiatan-kegiatan positif. Sebagai contoh yang bisa dilakukan adalah dengan mendaftarkan anak mengikuti kursus seperti bermain musik, olahraga, melukis dan sebagainya. Berikan dia motivasi dan dukungan terhadap kegiatan positif yang digemarinya. Dengan begitu anak anda akan dapat berprestasi dan produktif jika dibandingkan menonton televisi.

Selain itu juga Anda dapat mengajak Anak untuk mengikuti kegiatan keagamaan seperti belajar mengaji di TPA atau kegiatan kerohanian lainnya. Tentu dengan demikian banyak hal positif yang akan didapatkan oleh anak Anda.

Itulah beberapa tips dan langkah agar si kecil tidak kecanduan televisi. Sebagai orangtua, hal yang perlu diperhatikan adalah selalu mengontrol kegiatan yang dilakukan oleh anak. Jangan sampai dampak buruk dari acara televisi mempengaruhi anak Anda.

Baca juga artikel

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply