Kebiasaan Baik Yang Harus Ditanamkan Pada Anak

Sebagai keluarga baru, tentunya setiap orang tua ingin memberikan yang terbaik untuk si buah hati. Hal ini berlaku terutama bagi para “Mahmud” atau Mamah Muda. Bunda mungkin pernah mengalami kesulitan tentang apa saja kebiasaan baik yang harus ditanamkan pada anak sejak dini? Tentu membiasakan kebiasaan baik kepada anak harus direncanakan secara matang-matang ya Bun. Nah kira-kira apa saja nih yang perlu dibiasakan kepada anak sejak usia dini? Yuk simak ulasan berikut ini.

1. Jujur

ANAK YANG JURDIL

hellosehat.com

Jujur ialah kebiasaan baik yang harus ditanamkan pada anak sejak dini. Ada pepatah yang mengatakan honesty is the mother of wisdom yang berarti kejujuran adalah induk dari segala kebajikan. Nah salah satu cara yang bisa Bunda coba untuk membiasakan anak berperilaku jujur yaitu dimulai dengan teladan dari orang tua.

Hal yang selaras dengan pepatah yang mengatakan bahwa satu teladan lebih baik daripada seribu nasihat ini sangat sesuai dengan kondisi anak yang notabene-nya masih berusia dini tentu sangat mahir meniru kebiasaan orangtuanya.

2. Tanggung Jawab

Salah satu poin penting dalam menanamkan kebiasaan baik kepada anak yaitu berperilaku secara bertanggung jawab dengan cara memberikan sedikit arahan ketika anak berinteraksi dengan lingkungan sekitar.

Misalnya ketika bermain dengan teman-temannya. Biasakan anak untuk mengemasi barang-barang yang telah digunakan untuk bermain.  Sebisa mungkin bunda membersamai anak-anak sehingga terkesan tidak memerintah mereka. Dengan begitu lambat laun anak akan terbiasa bertanggung jawab.

3. Menjaga Kebersihan

KESEHATAN YANG UTAMA

hellosehat.com

Pepatah kebersihan adalah sebagian dari iman dan kebersihan pangkal kesehatan ini sudah pasti familiar di telinga Bunda ya. Nah hal pertama yang Bunda bisa ajarkan yaitu sedikit praktik tentang toiletting. Toiletting merupakan tata cara membersihkan diri usai melakukan aktivitas di kamar mandi.

Bunda bisa mulai membiasakan anak untuk mencuci kaki dan tangan dengan benar setelah pipis. Selain itu ajarkan anak untuk menghemat air dengan mematikan keran seusai menggunakannya, sehingga setidaknya anak akan mampu menjaga kebersihan dimulai dari hal-hal kecil.

4. Rajin

Selama ini banyak dijumpai orang-orang yang terlahir dengan bakat yang luar biasa. Hal itu dapat menjadi sosok yang sangat dikagumi oleh banyak orang. Nah tapi bagaimana kalau pada kenyataannya kita tidak punya bakat untuk diwariskan kepada anak-anak? Tenang Bun, tidak perlu terlahir hebat dengan begitu banyak karya.

Langkah pertama yang bisa dilakukan yaitu dengan membiasakan anak untuk berperilaku rajin sejak dini. Caranya dengan membiasakan anak untuk melakukan aktivitas sesuai dengan jam-jam yang telah bunda tentukan. Misalnya anak boleh bermain sesuka hati namun berhenti untuk tidur siang terlebih dulu. Dengan begitu anak akan terbiasa menjadi tipe planner namun tidak terlalu kaku.

5. Disiplin

DISIPLIN BUAT ANAK SEJAK DINI

trenzing.id

Di Indonesia yang notabene-nya masih negara berkembang, kita mungkin sering menjumpai istilah jam karet dimana seseorang menghadiri suatu agenda namun melampaui waktu yang telah ditentukan. Jika Bunda tidak mau suatu saat anak menjadi tidak disiplin, mulai sekarang, bunda dapat membiasakan anak untuk bangun pagi.

Dengan membiasakan anak bangun pagi, kondisi psikologi anak dapat lebih terkontrol sehingga anak tidak mudah gagap ketika bersiap siap menuju sekolah dan anak dapat mempersiapkan beberapa peralatan dengan ditemani Bunda tentunya.

6. Tata Krama

Sebagai keluarga yang hidup di negara Timur utamanya Indonesia, tata krama atau sopan santun merupakan pilar penting sebagai identitas suatu bangsa. Tata krama mengajarkan anak untuk menjadi seorang pribadi yang memiliki kecerdasan interpersonal yang bagus dalam berinteraksi dengan orang yang lebih tua maupun orang yang lebih muda.

Poin ini sangat penting untuk membangun relasi yang baik bagi anak dengan lingkungan sekitar. Bunda bisa mulai mempraktikkan kepada anak tentang kebiasaan baik yang harus ditanamkan pada anak sejak dini. Caranya dengan bersalaman dengan orangtua sebelum berangkat ke sekolah dan membiasakan anak mengucapkan maaf, minta tolong dan terima kasih ketika meminta bantuan kepada orang lain. Dengan demikian anak akan tumbuh menjadi pribadi yang hangat.

7. Mandiri

MANDI SENDIRI

s1.bukalapak.com

Di era global sekarang ini, apa-apa serba cepat sehingga kalau anak tidak dibiasakan untuk mandiri, anak bisa ketinggalan zaman Bun. Nah untuk membiasakan anak menjadi pribadi yang mandiri, Bunda dapat mengarahkan sang buah hati untuk sebisa mungkin melakukan apa yang dia inginkan sendiri sebelum meminta orang lain.

Misalnya anak sedang bermain bola dan bolanya terlempar di dekat Bunda. Bunda bisa mengarahkan anak untuk menangkap bola itu sendiri sehingga anak tidak selalu mengandalkan orang lain.

8. Kerja Keras

Ungkapan tidak ada yang tidak mungkin karena semua berawal dari kerja keras ini mengatakan bahwa tidak ada usaha yang mengkhianati hasil.  Hal itu sangat cocok untuk ditanamkan kepada anak sejak dini. Bermalas-malasan tidak akan pernah menjadikan seseorang menjadi orang yang sukses.

Oleh karena itu, yuk biasakan anak kerja keras dengan selalu membiasakan mereka untuk mencoba dan terus mencoba suatu hal yang sangat diinginkannya. Serta dengan memberi dorongan dan motivasi yang penuh kepada anak.

9. Positive Thinking

BERFIKIR POSITIF

tonyastaab.typepad.com

Ungkapan yang mengatakan bahwa you are what you think atau kamu adalah apa yang kamu pikirkan ini sepertinya memang sangat cocok untuk terus ditanamkan kepada anak-anak. Ketika anak menghadapi masalah coba Bunda memberikan pemahaman bahwa tidak semua yang terjadi harus disikapi negatif dengan mengingat-ingat kesalahan dan bahkan menyalahkan diri sendiri secara terus menerus.

Bunda dapat memahamkan kepada anak agar tetap berpikiran positif untuk menjadi pribadi yang tangguh di masa depan.

Nah dengan beberapa langkah tersebut, Bunda dapat mencoba untuk mulai mempraktikkan kebiasaan baik yang harus ditanamkan pada anak sejak dini. Semoga berhasil ya, Bun.

Bac juga artikel

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply