Cara Menyenangkan Mendidik Anak Buat Kamu Yang Baru Punya Anak

Orang tua akan sangat bahagia jika sudah mempunyai anak. Mereka merasa menjadi sangat lengkap telah menjadi orang tua dari anak-anaknya. Bahkan terdapat pula yang rela melakukan apapun agar mempunyai anak. Maka dari itu jika orag tua sudah mempunyai anak menjadi dambaan orang tua manapun, ya. Kebanyakan orang tua tentu akan mendidik agar anak-anaknya menjadi anak yang baik. Kebahagiaan anak akan selalu diutamakan oleh orang tua. Membesarkan anak dengan segala kasih sayang dan penuh cinta tentunya menjadi dambaan semua orang. Nah, berikut ada berbagai cara menyenangkan mendidik anak untuk orang tua, diantaranya:

1.Bersikap Lemah Lembut Dan Tunjukkan Kasih Sayang Yang Tulus

BERIKAN KELEMBUTAN

pixabay.com

Mendidik anak harus dengan penuh rasa kasih sayang. Ibu bisa dengan memberikan pelukan ciuman dengan anak, ya. Dengan merasakan selalu ada kasih sayang yang tulus dari orang tua tentu menjadikan anak bahagia. Sehingga anak tumbuh dan berkembang dengan kebahagiaan selalu, ya.

2. Jadilah Pendengar Yang Baik Dan Berikan Dukungan

Orang tua harus setiap hari menanyakan segala aktivitas yang terjadi di sekolah maupun yang lainnya. Dengan begitu ibu akan tahu keluh kesah si anak. Membangun rasa percaya diri anak agar sukses menjadi faktor dorongan yang sangat kuat. Anak harus selalu merasa percaya diri pada potensi yang dia miliki.

3. Bangun Kreativitas Dengan Bermain Bersama

Mendidik seorang anak tidak harus selalu dengan memberikan peraturan-peraturan yang keras dan terkesan baru. Kamu bisa bermain, menari atau bermain musik dengan anak agar anak selalu berfikir kreatif. Untuk itu ibu maupun bapak harus bisa meluangkan waktu untuk bermain dengan buah hati, ya.

4. Hindari Menggunakan Kata “Jangan”

JAUHI KATA JANGAN

Cara menyenangkan mendidik anak selanjutnya yaitu dengan tidak menggunakan kata jangan ketika kamu ingin melarangnya. Apabila kamu ingin melarang anak untuk tidak melakukan sesuatu hal misalnya melarang untuk tidak berlari-lari. Kamu sebaiknya tidak menggunakan kata jangan berlari.

5. Jadilah Panutan Dan Idola Untuk Anakmu

Figur orang tua pastinya akan menjadi contoh untuk anak. Maka dari itu orang tua harus selalu menunjukkan sikap yang baik di depan anak. Segala sikap maupun penampilan orang tua akan dijadikan idola untuk anakmu. Jangan tunjukkan sikap yang tidak baik karena bisa ditiru oleh anak.

6. Berikan Rasa Nyaman

Cara menyenangkan mendidik anak yaitu dengan selalu memberikan rasa nyaman terhadap anak. Orang tua bukan jadi momok yang menakutkan bagi anak. Jadilah teman untuk anakmu tanpa harus selalu merasa paling berkuasa. Dengarkan curhatan anak agar dia merasa aman selalu menceritakan kepada ibu maupun bapak. Dengan begitu orang tua juga menjadi lebih tahu bagaimana keinginan anak.

7. Tumbuhkan Sikap Menghormati

HORMATI ORANG TUA

WAJIBBACA.COM

Anak yang baik adalah anak yang mempunyai sopan santun. Anak harus selalu diajarkan agar selalu menghormati orang yang lebih tua. Misalnya tuturkan kepada anak bahwa harus berbicara dengan bahasa krama ketika sedang berbicara dengan orang tua, bersalaman dengan mencium tangan dan lain sebagainya.

8. Ajarkan Rasa Tanggung Jawab

Sikap tanggung jawab yang harus diajarkan kepada anak juga sangat diperlukan, lho. Menjelaskan kepada anak bahwa harus bertanggung jawab jika waktunya berangkat sekolah ya harus berangkat. Karena tanggung jawab seorang anak pelajar yaitu dengan belajar baik formal maupun informal. Ibu bisa menjelaskan alasan kenapa harus bertanggung jawab.

Apalagi jika anak laki-laki yang nantinya harus mampu bertanggung jawab dengan pasangannya ketika sudah dewasa. Namun, tidak hanya laki-laki, ya. Anak perempuan juga harus bisa bertanggung jawab dengan suaminya, lho. Jadi semua anak baik laki-laki maupun perempuan harus bisa bertanggung jawab kepada siapapun.

9. Ajarkan Untuk Meminta Maaf

Cara menyenangkan mendidik anak berikutnya yaitu dengan mengajarkan anak untuk selalu minta maaf jika melakukan kesalahan. Entah itu melakukan kesalahan dengan orang tua maupun temannya maka anak harus minta maaf dan mengakui kesalahannya agar tidak diulangi lagi.

10. Jangan Ditakut-takuti

JANGAN MENAKUT NAKUTI ANAK

popmama.com

Orang tua tidak perlu menakuti anak jika ingin melarang anak melakukan sesuatu hal. Karena jika kamu sering menakuti bisa menjadikan anak trauma dan tidak mandiri, lho. Misalnya dengan menakuti ada setan malam-malam. Pasti anak menjadi takut dan ingin ditemani jika akan keluar ke kamar mandi misalnya.

11. Jangan Dibohongi

Mendidik anak tidak harus dengan kebohongan, lho. Jika anak ditakut-takuti itu juga termasuk kamu sudah membohongi si anak. Untuk itu jangan pernah membohongi anak, ya. Karena bisa berakibat nantinya dia akan merasa bahwa berbohong itu suatu hal yang wajar.

12. Jangan Berkata Keras Dan Mengancam

Sebagai orang tua yang baik harus bisa selalu sabar menghadapi si anak. Kamu tidak boleh terbawa suasana yang akan menjadikanmu bisa mengeluarkan kata-kata yang kasar. Begitu juga kamu tidak boleh mengancam si anak jika dia melakukan kesalahan. Lebih baik kamu bicara baik-baik saja, ya.

13. Ajarkan Keterbukaan

AJARKAN ANAKKETERBUKA

asy-syaamil.com

Cara menyenangkan mendidik anak yaitu dengan mengajarkan kepada anak agar bisa saling terbuka tentang kesehariannya. Buatlah agar anak merasa nyaman dan senang jika bercerita dengan orang tua. Sehingga anak mau terbuka menceritakan segala aktivitasnya agar orang tua merasa aman.

14. Ajarkan Agar Selalu Jujur

Orang tua harus selalu mengajarkan agar anak selalu jujur. Pembelajaran ini juga harus dimulai dari orang tua yang tidak menakuti anak dengan cara berbohong, ya. Karena anak bisa meniru apa yang dilakukan oleh orang tuanya.

15. Ajarkan Sikap Rendah Hati

Sikap rendah hati sangat perlu diajarkan kepada anak. Misalnya jika anak mempunyai mainan yang ternyata temannya belum punya maka anak harus diajarkan tidak boleh sombong. Jika anak sudah merasa sombong maka tentunya akan tidak disukai oleh teman-teman di sekitarnya, lho.

Baca Juga Artikel

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply