Cara Mengatasi Cacingan Pada Anak Dengan Menggunakan Bahan-Bahan Alami

Penyakit cacingan merupakan terdapat gangguan dalam pencernaan dikarenakan adanya cacing parasit. Misalnya yang sering terjadi yaitu cacing pita dan cacing kremi. Kurang memperhatikan kebersihan menjadikan adanya muncul penyakit cacingan. Kebanyakan yang mengalami cacingan itu anak-anak. Meskipun remaja maupun dewasa mengalami namun cenderung yang sering terjadi pada anak karena kurang menjaga kebersihan lingkungan. Bagi para ibu muda tidak usah khawatir jika anak terkena cacingan. Ada banyak bahan-bahan alami yang bisa digunakan sebagai cara mengatasi cacingan pada anak. Berikut beberapa diantaranya.

1. Bawang Putih

BAWAH PUTIH YANG BAIK

lugualami.net

Kamu bisa dengan menempelkan parutan bawang putih pada bagian anus. Selain itu kamu juga bisa dengan mengonsumsi bawang putih. Caranya dengan rebus kira-kira 3 siung dan temu hitam hingga mendidih, ya. Setelah itu tambahkan madu lalu minumlah air tersebut.

2. Wortel

Wortel juga dapat menyembuhkan cacingan pada anak, lho. Caranya dengan mengambil air dari perasan wortel lalu campur dengan santan dan beri sedikit garam. Setelah itu kamu kasihkan minuman tersebut ke anak secara rutin agar cepat sembuh cacingannya.

3. Kulit Mangga

Air rebusan kulit mangga juga dapat membantu mengobati penyakit cacing pada anak, lho. Zat entemintik yang dikeluarkan dari kulit mangga dapat membunuh bakteri jahat seperti larva cacing pada anak. Maka dari itu kamu bisa meminum air rebusan kulit mangga, ya.

4. Daun Pepaya

Cara mengatasi cacingan pada anak selanjutnya juga bisa dengan menggunakan daun pepaya. Dengan cara merebus daun pepaya dan menambahkan akar melati. Setelah itu minumlah air tersebut. Ibu juga bisa memberikan madu agar tidak terlalu terasa pahit pada anak, ya.

5. Tanaman Krokot

KROKOT YANG BAGUS

ae01.alicdn.com

Tanaman krokot juga bisa ibu manfaatkan untuk mengobati cacingan pada anak, lho. Dengan merebus tanaman krokot lalu meminum air rebusan tersebut untuk anak.

6. Daun Putri Malu

Untuk mengobati cacingan pada anak juga bisa dengan menggunakan rebusan daun putri malu, lho. minum air rebusan daun puti malu secara rutin. Maka dapat menyembuhkan cacingan pada anak.

7. Biji Labu

Mengonsumsi biji labu juga dapat mengobati penyakit cacingan. Karena biji labu mengandung senyawa cucurbirtacins untuk melemahkan cacing dalam usus. Sehingga bisa memanfaatkan biji labu sebagai obat untuk mengatasi cacingan. Cacing yang mengganggu dalam pencernaan harus segera diobati agar proses pencernaan pada nak lancar, ya.

8. Minyak Jarak

Memberikan minyak jarak juga dapat mengatasi masalah cacingan. Campurkan satu sendok minyak jarak dengan air hangat, ya. Lalu berikan pada anak pada pagi hari saat perut dalam keadaan kosong belum dikasih makanan apapun.

9. Almond

KACANG ALMOND KUALITAS 1

hips.hearstapps.com

Cara mengatasi cacingan pada anak juga bisa dengan menggunakan almond, lho. Almond mengandung bahan antioksidan tinggi yang dapat membasmi cacing dalam usus. Ibu cukup memberikan almond untuk dikonsumsi secara langsung maupun dijadikan susu almond.

10. Daging Pepaya Muda

Daging pepaya muda mengandung enzim papain yang dapat membantu mengobati cacingan. Kamu bisa memarut daging pepaya muda dan mencampurkan dengan makanan atau minuman anak agar mau memakan daging pepaya muda tersebut.

11. Minyak Kelapa

Ibu dapat mengoleskan minyak kelapa pada bagian anus anak. Agar memicu cacing keluar melalui anus. Cara yang lainnya juga bisa dengan mencampurkan minyak kelapa ke minuman anak agar cacing kremi dapat keluar melalui feces.

12. Minyak Oregano

Kandungan minyak oregano seperti bahan anti mikroba dan anti bakteri dapat mengatasi cacingan pada anak. Caranya bisa dengan mencampurkan minyak oregano ke makanan atau minuman anak. Agar anak dapat mengonsumsinya karena minyak oregano ini aman jadi ibu-ibu tidak perlu khawatir.

13. Jus Delima

JUS DELIMA MERAH

RESEPKOKI.ID

Anak yang mengalami cacingan dapat mengonsumsi jus delima, ya. Jus delima dapat membersihkan usus melalui feces. Jadi ibu dapat memberikan jus delima pada anaknya yang mengalami cacingan, ya. anak cenderung tidak sulit jika disuruh jus delima ini. Karena rasanya yang tidak pahit tentu menjadikan anak mau meminumnya. Maka dari itu ibu sangat bisa menggunakan cara ini dengan mudah, bukan?

14. Jus Nanas

Ibu bisa menggunakan nanas sebagai cara mengatasi cacingan pada anak. Enzim yang ada pada nanas dapat membunuh cacing kremi, cacing pita dan cacing gelang, lho. Maka dari itu ibu buatkan jus nanas untuk diminum anak agar cacingannya segera sembuh.

15. Akar Delima

Akar delima juga dapat mengobati cacingan pada anak. Ibu rebuskan saja akar delima dengan air hingga mendidih. Setelah itu minumkan air rebusan tersebut pada anak untuk mengatasi masalah cacingan.

16. Teh Echinacea

Teh echinacea ini juga dapat membunuh cacing kremi pada anak. Hal tersebut dikarenakan teh ini mengandung bahan antioksidan yang dapat membunuh cacing tersebut. Ibu dapat memberikan minuman teh ini pada malam hari menjelang anak tidur.

17. Kunyit

KUNYIT YANG BAGUS

awsimages.detik.net.id

Kunyit dapat membunuh cacing dalam tubuh dan juga dapat membantu membersihkan bakteri maupun virus yang pada saluran pencernaan. Ibu bisa mencampurkan ekstrak kunyit pada minuman atau susu anak. Lebih baik memberikan minuman tersebut di malam hari agar keesokan harinya cacing bisa dikeluarkan.

18. Rimpang Bangle

Rimpang bangle juga bisa dijadikan obat untuk mengatasi masalah cacingan pada anak. Rebus rimpang bangle dengan air hingga mendidih. Setelah itu minum air tersebut pada anak. Lakukan hal tersebut secara rutin, ya.

19. Jus Pisang Dan Lemon

Campurkan melon dan pisang untuk dijadikan jus mengobati masalah cacingan pada anak. Melon ini mengandung senyawa oligoskarida yang dapat membunuh bakteri pada tubuh seperti cacing. Tentunya anak akan sangat mudah untuk disuruh meminum jus pisang dan lemon ini, ya.

Selain itu ibu juga harus menjaga kebersihan pada anak agar tidak terkena penyakit cacingan lagi, ya. Karena memang anak kurang memperhatikan kebersihan apalagi jika mereka sedang asik bermain. Maka dari itu ibu bisa menyediakan tempat bermain bagi si kecil di rumah agar tetap bisa terjaga kebersihan lingkungannya, ya.

Baca Juga Artikel

 

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply