Cara Mengatasi Anak Yang Suka Jajan Sembarangan

Kebiasaan anak untuk jajan sembarangan di luar rumah sering membuat para orang tua kewalahan karena seringkali sulit untuk dihentikan. Cara mengatasi anak yang suka jajan sembarangan agar bisa berhenti jajan sembarangan juga bisa dikatakan gampang-gampang susah.

Sebagian orang tua mungkin akan tidak tega jika harus menolak si anak yang ingin dibelikan jajan. Di sisi lain jika keinginan anak untuk jajan tersebut terus saja dituruti akan bisa menimbulkan hal-hal yang tidak baik di kemudian hari.

Kebiasaan anak-anak untuk jajan seringkali disebabkan karena meniru teman-teman sepermainannya. Dengan kegiatan meniru tersebut, si anak akan lebih bisa diterima dalam lingkup pergaulan bersama anak-anak lain.

Selain karena meniru teman-temannya, tetangga maupun lingkungan pergaulannya di sekolah dan rumahnya juga bisa menjadi penyebab anak suka jajan. Kemudian pola makan keluarga yang memang suka untuk jajan tanpa disadari akan turut berperan membentuk anak yang suka jajan.

Adanya banyak iklan yang sering dia lihat saat menonton televisi ataupun internetan bisa membuat penonton termasuk anak-anak tergoda untuk membelinya. Berikut ini beberapa cara mengatasi anak yang suka jajan sembarangan agar bisa berhenti jajan sembarangan

1. Contohkan Untuk Tidak Jajan Sembarangan

awasi jajanan anak

media.travelingyuk.com

Sebagian besar anak akan mudah mengikuti apa yang dicontohkan padanya daripada apa yang hanya diperintahkan. Oleh karena itu jika Anda menginginkan anak Anda tidak jajan secara sembarangan, maka mulailah dari diri Anda sendiri untuk tidak jajan sembarangan.

2. Cobalah Untuk Membuat Camilan Yang Sehat Di Rumah

Membeli makanan di luar memang akan terasa lebih praktis, akan tetapi tidak ada salahnya jika Anda membuat camilan sendiri. Buatlah camilan sehat di rumah Anda sendiri untuk kemudian bisa dibawa anak-anak ke sekolah.

Selain terjamin kebersihan dan sehat, makanan yang dibuat sendiri juga bisa dibentuk dengan tampilan yang menarik. Anak-anak pun akan lebih senang dan tidak segan untuk memakannya.

3. Sebelum Anak Bermain Di Luar, Pastikan Sudah Makan Dengan Kenyang

pastikan anak makan dirumah

hellosehat.com

Cara mengatasi anak yang suka jajan sembarangan berikutnya adalah dengan memastikan anak bermain di luar dalam kondisi perut yang sudah kenyang. Dengan kondisi perut yang sudah kenyang, si anak akan lebih mudah untuk menahan godaan dari jajan sembarangan.

4. Membatasi Anak Untuk Membeli Jajanan

Saat tidak diperbolehkan atau dibatasi untuk membeli jajan mungkin akan timbul beragam reaksi dari si anak. Apabila anak merengek minta untuk dibelikan jajan, Anda tidak perlu untuk memarahinya.

Sebisa mungkin Anda mengingatkan anak bahwa jajanan yang dijual di luar sana kebersihannya kurang terjaga. Jajanan yang kurang terjaga kebersihannya bisa menyebabkan rasa sakit pada perut maupun gejala sakit yang lainnya.

Ketika Anda sudah mengingatkan anak tentang kebersihan jajanan tersebut mungkin ada sebagian anak yang tetap bersikeras minta dibelikan jajan tersebut. Apabila terjadi hal tersebut, maka Anda harus tegas untuk menolaknya.

Kemudian apabila jajanan yang diinginkan anak bisa dibuat sendiri di rumah, cobalah untuk membuatnya bersama anak. Ajaklah anak untuk berbelanja bahan yang dibutuhkan untuk kemudian bisa memasaknya bersama-sama.

Selain kebersihan makanan yang dibuat lebih terjaga untuk anak-anak, membuat jajanan tersebut bersama anak juga bisa membuatnya lebih lahap makan. Anak akan merasa turut berkontribusi dalam pembuatan jajan tersebut sehingga akan lebih semangat saat makan.

5. Dengan Membuat Daftar Jajanan Yang Boleh Dibeli Dan Atur Jadwalnya

daftar jajanan anak

honestdocs.id

Cara mengatasi anak yang suka jajan sembarangan selanjutnya adalah dengan membuat daftar jajanan yang boleh dibeli dan juga atur jadwalnya. Pastikan daftar jajanan yang boleh dibeli adalah jajanan yang sehat, bersih, halal, dan juga bergizi.

Setelah menentukan daftar jajanan yang boleh dibeli tersebut, Anda bisa melanjutkan untuk mengatur jadwal si anak bisa membeli jajan tersebut. Misalnya si anak diperbolehkan membeli satu jajan tertentu hanya seminggu sekali atau sebulan sekali.

Jadwal tersebut bisa Anda atur sendiri dan pastikan juga untuk tidak membuat kecewa si anak. Karena si anak mungkin saja akan berpikir bahwa dia tidak diperbolehkan jajan sama sekali.

6. Dengan Membatasi Uang Saku Yang Diberikan

Cara mengatasi anak yang suka jajan sembarangan yang lainnya yaitu dengan membatasi uang saku yang diberikan pada anak setiap harinya. Bersikaplah secara tegas untuk menolak saat anak mencoba untuk meminta uang jajan tambahan dengan membuat berbagai alasan.

Hal ini bisa mengajarkan anak secara tidak langsung bahwa uang jajan yang telah diberikan tidak bisa dihamburkan sesuka hatinya sendiri. Selain itu anak juga diajarkan untuk menghindari perilaku boros.

Apabila ada barang atau benda agak mahal yang dia inginkan, cobalah mengajarkan anak untuk bisa menabung dengan menyisihkan uang jajannya.

Dengan menyisihkan sebagian uang jajan yang diberikan setiap harinya, anak bisa belajar untuk berhemat. Selain itu anak juga belajar menahan keinginannya untuk jajan demi bisa mendapatkan benda yang dia inginkan.

7. Mendampingi Saat Anak Sedang Menonton Televisi Atau Menggunakan Internet

dampingi anak ketika menggunakan gadget

hellosehat.com

Untuk cara mengatasi anak yang suka jajan sembarangan selanjutnya bisa dilakukan dengan mendampinginya saat sedang menonton televisi ataupun menggunakan internet. Saat menonton televisi ataupun internetan, si anak kemungkinan akan melihat banyak iklan.

Berusahalah untuk bisa mendampingi si anak karena itulah saat yang tepat untuk mengedukasi anak mengenai iklan tersebut, terutama iklan makanan. Anda bisa menjelaskan mengenai dampak baik maupun buruk dari makanan tersebut.

Jelaskanlah bagaimana akibat buruk yang ditimbulkan jika si anak mengonsumsinya secara berlebihan. Karena dampak buruk maka dia tidak boleh jajan dengan sembarangan di manapun.

Itulah beberapa cara mengatasi anak yang suka jajan sembarangan yang bisa para orang tua terapkan kepada anak Anda. Perlu diperhatikan bahwa jika Anda melarang anak untuk jajan di luar maka para orang tua perlu menyediakan alternatif penggantinya.

Jangan lupa untuk menyediakan jajan atau camilan yang sehat di rumah Anda. Camilan tersebut bisa Anda buat sendiri atau bisa juga dengan membelinya di tempat yang terjamin makanannya. Dengan begitu keinginan anak untuk jajan sembunyi-sembunyi bisa berkurang.

Baca juga Artikel

 

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply