Cara Mendidik Anak Yang Nakal

Tantangan bagi orangtua yang sangat melelahkan adalah mendidik anak yang nakal. Sebenarnya hal ini bukan hanya dihadapi oleh orangtua, guru di sekolah juga pasti sering menghadapi anak yang nakal. Ada beberapa cara mendidik anak yang nakal dengan benar baik di rumah atau di sekolah.

Sebenarnya semua anak dilahirkan ke dunia sama semuanya. Bagaikan kertas putih yang tanpa noda sedikitpun. Jadi asal pribadi anak semuanya adalah baik. Hanya saja terkadang faktor didikan dan lingkungan yang menyebabkan anak menjadi nakal.

Cara Mendidik Anak Yang Nakal

bagaimana anak yang nakal didik

grid.id

Moral anak di era modern ini semakin memprihatinkan. Tidak jarang kita melihat anak yang tega melawan orangtua. BahkanR ada anak murid yang tega membunuh gurunya. Kita tidak boleh hanya menyalahkan si anak. Mungkin cara kita yang salah dalam mendidik mereka. Berikut ini cara mendidik anak yang nakal :

1. Bersikap Sabar

hanya dengan sabar dia bisa nurut

pixabay.com

Jika kita berhadapan dengan anak yang nakal, pastikan level sabar anda berada di puncak tertingginya. Sikap sabar ini sangat penting. Jangan sampai anda terpancing amarah atau sampai emosi. Emosi tidak akan merubah perilaku anak justru akan memperburuk kondisi saja. Untuk itu cobalah tahan emosi anda saat menghadapi kenakalan anak.

2. Beri Contoh Yang Baik

Cara mendidik anak yang nakal harus dengan suri tauladan yang baik. Beri mereka contoh tindakan-tindakan sederhana yang baik. Misalnya menolong teman, belajar bersama dan merawat tanaman. Usaha memberi contoh yang baik ini akan berhasil setahap demi setahap. Memberi contoh adalah cara mengajar terbaik yang bisa dilakukan.

3. Bekali Ilmu Agama

Anak yang nakal adalah anak yang tidak dibekali ilmu agama yang baik. Jika anak memiliki pondasi agama serta keimanan yang kuat, mereka pasti akan baik. Untuk itu ajarkan agama pada anak kita dari kecil. Ajarkan mereka sholat, mengaji, puasa dan ajaran agama lainnya.

4. Masukkan Ke Sekolah Agama

Mungkin anda sering mendengar banyak anak sekolah yang tawuran. Namun percaya atau tidak anak-anak tersebut adalah yang berasal dari sekolah umum bukan sekolah agama. Hampir tidak ada sekolah agama yang siswanya tawuran. Ini membuktikan sekolah agama baik untuk sikap anak.

5. Jangan Bilang Mereka Nakal

bilang yang baik karna itu doa

pixabay.com

Ucapan itu doa sekaligus penanaman karakter pada anak. Ketika anak ketahuan mencuri, jangan katakan mereka pencuri. Cukup dinasehati saja dan mengatakan bahwa tindakan tersebut tidak baik. Jika anda bilang ia pencuri maka selamanya ia berfikir jika ia memang terlahir sebagai pencuri.

6. Katakan Mereka Anak Baik

Senakal apapun anak yang anda hadapi, katakan mereka adalah anak baik. Pada dasarnya semua anak memang baik. Terus sampaikan kata-kata bahwa mereka memang baik. Semakin sering anda katakan mereka anak baik, maka hal itu akan mensugesti mereka untuk jadi baik.

7. Stop Membentak Anak

Sadarkah anda bahwa anak suka membentak karena mereka juga sering dibentak. Anak-anak hanya meniru tingkah orang dewasa. Jika ia melihat anda membentak, tanpa anda suruh ia akan mempraktekkannya. Anda pasti tidak ingin anak yang anda didik jadi suka membentak.

8. Bawa Ke Lingkungan Baik

bawa ke arah positif dengan lingkungan yang baik

itjeher.com

Ibarat anak malaikat yang tinggal di rumah setan, lama kelamaan juga bisa menjadi setan. Begitulah kuatnya lingkungan mempengaruhi seorang anak. Anak baik juga akan jahat jika dididik di lingkungan yang salah. Bawa anak nakal tersebut ke lingkungan yang baik.

9. Tidak Menyamakan Dengan Orangtuanya

Tidak menyamakan di sini maksudnya tidak menghakimi bahwa perilaku anak tersebut sama persis seperti orangtuanya yang jahat. Anak penjudi bukan berarti mereka juga akan menjadi penjudi. Jangan menghakimi seorang anak karena perilaku jahat orangtua mereka.

10. Sering Dipeluk

Pelukan ternyata berdampak baik pada perilaku anak. Anak yang sering dipeluk biasanya lebih baik daripada anak yang tidak dipeluk. Untuk itu ketikan ada anak nakal, peluk mereka dengan penuh kasih sayang. Buat mereka sadar jika menyayangi itu sangat baik.

11. Mengelus Kepala Anak

Berikan sentuhan fisik yang lembut pada anak yang nakal. Salah satu cara yang paling efektif dengan mengelus kepala anak. Hal ini akan membuat mereka merasa disayang dan dihargai. Cara mendidik anak yang nakal satu ini sangat efektif untuk dilakukan.

12. Jangan Memukul

Banyak orangtua yang suka memukul anak karena geram dengan tingkah anaknya. Jika anda memukul anak ada 2 reaksi yang mereka berikan. Mereka bisa diam dan menangis atau malah balas memukul anda. Jika mereka balas memukul berarti anda sudah mencetak anak yang tukang memukul. Untuk itu hindarilah hal ini.

13. Tanya Kenapa Mereka Nakal

Rajinlah berdialog dengan anak yang nakal. Tanyakan pada mereka kenapa mereka nakal. Contoh ketika anak suka mencuri makanan temannya, bisa jadi justru karena mereka lapar. Oleh karena itu, cari sebab kenapa mereka nakal. Sehingga anda bisa mencari solusi terbaik.

14. Puji Mereka

Mungkin aneh saat ada anak nakal yang harus dipuji. Memuji disini bukan saat mereka melakukan kesalahan. Namun saat mereka melakukan tindakan baik sekecil apapun. Contohnya saat mereka membuang sampah pada tempatnya. Hal ini akan membuat ia suka berbuat baik.

15. Beri Kegiatan Positif

biarkan mereka bermain

pixabay.com

Anak nakal terkadang adalah mereka yang kurang kerjaan sehingga sibuk mengganggu orang. Beri mereka kegiatan yang positif. Anda bisa meminta mereka memecahkan teka-teki atau menyusun puzzle. Jika mereka sibuk, maka mereka tidak akan sempat berbuat nakal lagi.

Jadilah orangtua serta pendidik yang cerdas. Pahami jika anak nakal butuh perhatian  lebih. Praktekkan semua cara mendidik anak yang nakal di atas. Jangan lupa untuk berdoa. Sebab berdoa juga bisa merubah perangai anak. Senakal-nakalnya anak, ingatlah jika mereka masih anak-anak yang harus dibimbing.

Terkadang si buah hati itu tidak selamanya seperti apa yang kita inginkan, ya, ada kalanya dia berlaku nakal. Usia 3 tahun, 4 tahun, hingga 5 tahun merupakan usia di mana si buah hati kita sedang dalam fase nakal. Namun ada banyak cara mengatasi atau cara mendidik anak yang nakal.

baca juga cara Rosulullah mendidik anak

 

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply