5
52

Cara Ibu Menyeimbangkan Kerja Dan Keluarga

Bagaimana sih cara mengatur waktu kerja dan ibu rumah tangga yang baik? Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan. Selain mampu memanajemen waktu dengan baik, kamu juga harus selektif menggunakan waktu dan istirahat yang cukup. Selain itu, masih ada beberapa cara lain yang dapat kamu lakukan. Apa saja cara tersebut? Berikut ulasan selengkapnya.

1. Manajemen Waktu Dengan Baik

mengatur waktu sebaik mungkin

thriveglobal.com

Memiliki peran ganda memang nggak mudah ya, moms? Kamu harus pandai mengelola waktu dengan baik. Masih bingung dalam hal manajemen waktu ibu rumah tangga yang bekerja? Berikut cara yang bisa kamu lakukan.

  • Mencatat Semua Aktivitas Harian. Hal pertama yang harus kamu lakukan yaitu mencatat aktivitasmu sehari-hari. Apa saja sih harus dicatat? Semua hal, mulai dengan hal kecil sampai hal besar. Dengan melakukan hal ini, kamu bisa mengatur semua aktivitas tersebut dengan lebih mudah. Jadi, usahakan mencatat semua aktivitas harianmu tanpa ada satu pun yang terlewat ya, moms.
  • Membuat Skala Prioritas. Bagaimana jika aktivitas harian terlalu banyak? Kamu harus bisa memilah aktivitas berdasarkan skala prioritas. Agar lebih mudah, kamu bisa memberikan penomoran pada aktivitas harianmu dari yang paling penting sampai aktivitas yang kurang penting.
  • Bingung membuat penomoran? Kamu bisa membagi pekerjaan tersebut menjadi kelompok-kelompok kecil terlebih dahulu. Kelompok tersebut dapat kamu bagi berdasarkan kriteria 4  yaitu penting dan mendesak, penting dan nggak mendesak, nggak penting tetapi mendesak, nggak penting dan nggak mendesak.
  • Selanjutnya, kamu bisa mengurutkan aktivitas harianmu berdasarkan kategori tersebut dari atas ke bawah. Jangan sampai menjadikan semua aktivitasmu sebagai hal yang penting dan mendesak ya! Jika hal ini sampai terjadi, kamu bisa kewalahan sendiri menghadapinya. Keep strong ya, moms!
  • Membuat Estimasi Waktu Setiap Aktivitas. Tips mengatur waktu untuk ibu bekerja selanjutnya yaitu membuat estimasi waktu setiap aktivitas yang telah dicatat. Hal ini sangat penting, lho. Mengapa demikian? Karena dengan melakukan hal ini, kamu dapat membagi waktu harianmu dan menyinkronkan satu aktivitas dengan aktivitas lain.
  • Menyusun Jadwal Harian. Jika prioritas dan estimasi waktu sudah kamu buat, langkah selanjutnya yaitu menyusun jadwal harian. Kamu harus mengorganisir jadwal harianmu dari bangun tidur hingga tidur di malam hari. Dengan demikian, kamu jadi lebih mudah mengatur jadwalmu yang begitu padat.

2. Selektif Menggunakan Waktu

menggunakan waktu sebaik mungkin

aristhajkusuma.com

Sebagai wanita pekerja, undangan tentu datang silih berganti, baik undangan rapat, ngumpul bersama teman kerja, dsb. Tak hanya itu, undangan dari sekolah dan masyarakat sekitar juga kerap kamu dapatkan karena memiliki peran sebagai istri dan ibu. Padahal, banyak pekerjaan yang menunggu untuk diselesaikan. Rasanya sangat menyebalkan bukan?

Namun, mau nggak mau, kamu harus menghadapi masalah ini. Bagaimana caranya? Kamu harus selektif menggunakan waktu. Dengan berani mengatakan tidak, kamu bisa membagi waktumu dengan lebih baik.

3. Istirahat Yang Cukup

istirahat yang cukup

alodokter.com

Jadwal ibu rumah tangga yang bekerja memang begitu padat. Namun, bukan berarti kamu harus mengabaikan kesehatanmu kan, moms? Kamu harus tetap menjaga kesehatan agar selalu prima. Dengan demikian, semua hal akan berjalan dengan lancar. Ingat ya, moms, kamu bukan robot!

4. Mengoptimalkan Peran Teknologi

internet positif

emak-emak.blogspot.com

Berbelanja secara online adalah pilihan terbaik buat kamu, moms. Dengan melakukan hal ini, kamu bisa menghemat waktu. Nah, waktu untuk berbelanja dapat kamu manfaatkan untuk kegiatan lain. Bahkan, dengan berbelanja secara online, kamu bisa menghemat budget karena biasanya di toko online banyak diskon bertebaran.

Nekat belanja ke supermarket secara langsung? Selain membuang waktu, di supermarket banyak godaan yang sulit untuk ditolak. Bagaimana jadinya jika kamu melihat baju, tas, dan hal lain yang bagus apalagi sedang diskon? Membeli semua itu membuat anggaran pengeluaranmu membengkak bukan?

Teknologi bukan hanya kamu gunakan untuk belanja lho, moms. Bahkan, kamu bisa bayar tagihan listrik, air, telepon, tv berlangganan, transfer uang, dan lain sebagainya. Dengan mengoptimalkan peran teknologi, pekerjaanmu dapat lebih ringan bukan?

5. Jangan Ganti Kasih Sayang Kepada Anak Dengan Uang

sayang anak

dyahanaswedding.files.wordpress.com

Apakah kamu berpikir memberi uang pada anak cukup? Jika iya, buang jauh-jauh pikran ini ya, moms! Bagaimana pun juga, anak-anak membutuhkan kasih sayang dari orang tuanya. Jangan sampai mereka merasa diabaikan dan mencari perhatian dengan cara yang salah.

6. Jadikan Waktu Berkumpul Dengan Keluarga Sebagai Waktu Yang Berkualitas

Semua tanggung jawab yang kamu emban tentu menyulitkanmu memiliki banyak waktu untuk berkumpul dengan keluarga. Oleh karena itu, kamu harus menjadikan waktu berkumpul dengan keluarga sebagai waktu yang berkualitas.

Saat pulang bekerja, kamu bisa membantu anak-anak untuk mengerjakan PR mereka. Nah, di akhir pekan, kamu bisa mengajak keluarga untuk liburan atau sekedar nonton film bersama. Terlihat sepele tetapi hal ini sangat berarti, khususnya bagi si kecil.

7. Belajar Melakukan Pekerjaan Dalam Satu Waktu (Multi-Tasking)

Cara membagi waktu ibu bekerja selanjutnya yaitu belajar untuk memiliki kemampuan multi tasking. Misalnya beristirahat sambil berbelanja kebutuhan sehari-hari atau membayar tagihan rumah tangga secara online. Atau menunggu masakan matang sambil mencuci piring dan menyapu, dsb.

8. Jangan Lupa Memberi Perhatian Kepada Suami

Karena pekerjaan yang begitu padat, jangan lupa suami juga butuh perhatian, moms. Kamu bisa merencanakan waktu bersama atau liburan singkat tanpa si kecil. Si kecil bisa dititipkan terlebih dahulu pada kakek dan neneknya. Jika hal ini dirasa sulit, kamu bisa meluangkan waktu sejenak untuk bermesraan atau sekedar mengobrol tentang perkembangan si kecil. Dengan demikian, hubunganmu akan selalu hangat.

9. Jangan Segan Meminta Bantuan

Ingat, moms, kamu bukan robot!!! Ada kalanya pekerjaan terasa begitu berat dan membuat stress. Oleh karena itu, jangan segan meminta bantuan kepada anak atau suami untuk meringankan pekerjaanmu. Atau kamu juga bisa meminta bantuan kepada seseorang untuk membantu mengurus keperluan keluarga.

Baca juga artikel makanan yang baik untuk ibu hamil

 

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply