Cara Mendidik Anak Agar Mandiri Yang Wajib Diajarkan Sejak Usia Dini

Sebagai orangtua mempunyai peranan yang sangat penting dalam tumbuh kembang anaknya. Setiap orangtua akan berharap mempunyai anak yang menjadi kebanggaan orangtua, mereka akan mendidik anaknya menjadi pribadi yang berkarakter positif. Tak jarang orang tua akan mencari cara bagaimana cara mendidik anak agar mandiri. Terutama bagi pasangan yang baru menikah atau yang baru berstatus menjadi seorang ibu, terkadang merasa kesulitan bagaimana cara mendidik yang benar.

Tak jarang sebagai orangtua akan membuat anaknya bahagia, mereka cenderung akan menuruti semua kemauan anaknya. Padahal dengan anda menuruti semua keinginan anak anda justru memberikan efek negatif bagi perkembangannya. Maka dari itu menuruti kemauan anak baiknya sewajarnya saja agar tidak berpengaruh buruk bagi perkembangan anak anda.

Melatih anak menjadi pribadi yang mandiri perlu dilakukan sedini mungkin agar nantinya ia terbiasa dengan kondisi tersebut. Oleh sebab itu anda sebagai orangtua perlu mendalami ilmu bagaimana cara mendidik anak agar mandiri seperti penjelasan berikut ini.

1. Ajari Untuk Buang Air Kecil Di Toilet

BELAJAR KE TOILET

damaraisyah.com

Cara mendidik anak agar mandiri bisa anda mulai dari kebiasaan terkecil seperti buang air kecil di toilet. Kebiasaan tersebut bisa anda latih sejak si buah hati berusia sekitar 2 atau 3 tahun. Ajarkan cara menggunakan WC serta alat toilet yang tersedia hingga ia paham penggunaannya.

2. Ajari Anak Dalam Membuat Jadwal Harian

Cara mendidik anak agar mandiri yang kedua adalah ajari buah hati anda untuk membuat jadwal harian kegiatannya. Urutkan dari kegiatan yang menjadi prioritasnya mulai dari bangun pagi, berangkat ke sekolah, mengerjakan tugas, mandi, membantu orangtua, hingga bermain. Hal ini membantu anda untuk memantau seberapa tinggi tanggung jawab dia terhadap jadwal yang ia susun.

3. Berikan Tugas Untuk Membersihkan Serta Menyimpan Mainannya

AJARI MEMBERESKAN MAINAN

blog.livaza.com

Melatihnya untuk tanggung jawab pada mainannya merupakan cara mendidik anak agar mandiri yang cukup sederhana. Meskipun demikian di usianya yang masih kecil membuatnya sering melanggar tugas yang diberikan. Maka dari itu latih kedisiplinannya sedini mungkin agar ia terbiasa mentaati peraturan yang telah dibuat.

4. Ajari Anak Untuk Mandi Sendiri

Mengajarkan cara mandi yang baik dan benar bisa dimulai saat anak berusia 2 tahun. Anda bisa mulai mengajarkannya dengan cara demonstrasi, setelah itu beri dia kebebasan untuk melakukannya sendiri. Lambat laun ia akan terbiasa mandi sendiri tanpa anda memaksanya.

5. Ajari Anak Untuk Memakai Pakaian Sendiri

AJARI ANAK MEMAKAI BAJU

orami.co.id

Cara mendidik anak agar mandiri selanjutnya dengan mengajarinya memakai pakaiannya sendiri. Jika merasa kesulitan rayu dia dengan cara memberikan baju dengan gambar atau warna yang disukainya. Setidaknya hal tersebut membuatnya senang lantas mau mengenakan pakaiannya sendiri.

6. Ajari Anak Untuk Memakai Sepatu

Untuk anak anda yang baru mulai berjalan, coba ajarkan kepadanya bagaimana cara memakai sepatu. Berikan bantuan apabila si anak masih kesulitan, lantas berikan pujian terhadap usahanya agar anak anda merasa senang dan mau mencobanya lagi.

7. Ajari Anak Untuk Mengucapkan Terimakasih Dan Meminta Maaf

AJARI MENGUCAPKAN TERIMA KASIH

orami.co.id

Kata terimakasih dan maaf merupakan suatu komponen penting dalam bersosialisasi. Ajari kapan dan mengapa dia harus mengucapkan kata terimakasih dan maaf. Setelah paham penggunaan dua kata tersebut maka akan terbentuk individu yang lebih baik.

8. Ajari Anak Untuk Tidur Sendiri

Awalnya mendidik anak untuk tidur secara mandiri memang sangat sulit, dia akan terus memanggil nama orangtuanya saat malam hari. Anda bisa menemaninya sebentar hingga tertidur pulas, lalu tinggalkan dia tidur sendiri kembali. Dengan cara demikian si anak akan terbiasa tidur sendiri serta mampu menangani kekhawatirannya saat tak ia temukan seseorang di sisinya ketika ia terbangun di malam hari.

9. Ajari Anak Untuk Membersihkan Tempat Tidurnya

AJARI MERAPIKAN TEMPAT TIDURNYA

rebanas.com

Ketika anda membiasakan si anak untuk tidur di kamarnya otomatis anda juga harus membiasakan putra-putri anda untuk membersihkan tempat tidurnya. Ajarkan bagaimana cara meliput selimutnya sendiri dan menata kamar tidurnya supaya tetap rapi dan bersih. Latih kebiasaan tersebut setiap ia bangun dari tidurnya agar anak anda tumbuh menjadi anak yang disiplin dan menyukai kebersihan.

10. Ajak Anak Anda Membantu Pekerjaan Rumah

Cara mendidik anak agar mandiri berikut ini anda bisa melibatkan si anak dalam mengerjakan pekerjaan rumah. Ajak dia untuk membantu dari hal yang paling sederhana seperti membantu memasak, mencuci piring, menyapu. Atau jika anak anda laki-laki bisa membantu pekerjaan sang ayah seperti mencuci mobil, mencat tembok, berkebun, dan lain sebagainya. Cara ini positif membuat anak anda menjadi mandiri dalam menguasai banyak hal serta menjalin kedekatan antara anak dengan orangtua.

11. Ajari Anak Untuk Menabung

AJARI ANAK MENABUNG

educenter.id

Memberikan uang jajan kepada anak yang masih kecil terkadang sering disalahgunakan. Ia akan menggunakan uang tersebut untuk membeli apa yang ia mau. Maka dari itu anda harus memberikan pemahaman betapa pentingnya uang dan bagaimana sulitnya mencari uang. Setelah itu ajari si anak untuk menyisihkan separuh uang jajannya untuk ditabung. Berikan tempat menabung dengan karakter kartun yang ia sukai agar ia semangat dalam menyimpan uangnya.

12. Latih Anak Untuk Mengerjakan Tugas Sekolahnya Sendiri

Membantu anak dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah memang ada baiknya. Namun alangkah lebih baiknya apabila anda membiarkannya mengerjakan tugasnya sendiri. Hal tersebut bertujuan agar si anak mencoba mencari solusi terlebih dulu sebelum akhirnya bertanya seputar tugasnya kepada anda. Dengan begitu dia akan terlatih mandiri dan percaya diri terhadap apa yang dikerjakannya serta tidak selalu bergantung kepada orangtuanya.

13. Berikan Suatu Pekerjaan Ringan

BERIKAN PEKERJAAN RUMAH

orami.co.id

Nah untuk cara mendidik anak agar mandiri yang terakhir adalah berikan tugas kecil seperti membeli sesuatu di warung dekat rumah. Selain melatih keberanian cara ini efektif untuk melatih sosialisasi terhadap orang lain. Lalu periksa apakah barang yang dibelinya sesuai instruksi atau tidak.

Baca Juga Artikel

 

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply