7
39

Buah Yang Baik Untuk Ibu Hamil

Kehamilan adalah saat yang diidam-idamkan wanita yang sudah menikah, karena hamil dan memiliki keturunan adalah salah satu tujuan menikah. Masa kehamilan memerlukan asupan gizi yang cukup untuk memelihara kesehatan ibu dan janin.

Karena sumber makanan janin bergantung sepenuhnya pada ibu, maka ibu hamil wajib menjaga makanan yang dikonsumsi. Buah-buahan adalah sumber vitamin dan mineral yang baik bagi tubuh, baik ibu atau pun janin.

Mengkonsumsi buah setiap hari sangat dianjurkan bagi ibu hamil, karena vitamin dan mineral dibutuhkan sebagai pengatur metabolisme dalam tubuh. Buah yang baik untuk ibu hamil adalah buah yang mengandung serat tinggi dan anti oksidan tinggi, terutama vitamin C. Hal itu karena keadaan ibu hamil yang sering konstipasi dan mengalami anemia.

13 Buah Tinggi Serat Dan Anti Oksidan Yang Baik Untuk Ibu Hamil

buah buahan

tribunnews.com

Semua buah baik, tidak ada yang lebih baik dari lainnya karena masing-masing memiliki kelebihan dari segi kandungan zat gizinya. Hanya saja setiap kandungan yang dimiliki buah tersebut akan berfungsi maksimal jika dimakan saat tubuh membutuhkannya.

Setiap zat gizi memiliki fungsi masing-masing untuk memelihara kesehatan tubuh ibu hamil. Pada Ibu Hamil mereka sering mengalami konstipasi atau susah BAB, maka dari itu butuh serat yang tinggi dari buah.

Selain konstipasi masalah yang sering dialami ibu hamil adalah anemia (kurang darah). Vitamin C pada buah akan meningkatkan penyerapan zat besi yang baik bagi pembentukan sel darah merah. Berikut daftar buah yang baik untuk Ibu hamil:

1. Apel Untuk Menstabilkan Tekanan Darah Pada Ibu Hamil Resiko Tinggi

buah apel yang manis

bogor.net

Apel mengandung serat 2g/ 100 g buah apel, kulitnya mengandung tinggi pektin (serat larut air). Tinggi kalium yang berfungsi sebagai pengontrol tekanan darah dengan cara menjaga kelenturan otot pembuluh darah. Dengan demikian aliran darah akan lancar dan tekanan terkontrol.

2. Pepaya Bagus Buat Pencernaan

Buah ini murah namun kaya manfaat, serat tinggi sebanyak 1,3 g/ 100 gram buah bagus buat pencernaan ibu hamil. Selain itu kandungan zat gizinya bermanfaat sebagai anti amuba, anti kanker, anti oksidan, mempercepat penyembuhan luka dan masih banyak fungsi lainnya.

3. Pisang Mencegah Anemia

pisang yang matang

sukita.info

Mengandung serat cukup tinggi 0,6 g/ 100 g buah, vitamin C, A dan kalium pada pisang juga tinggi. Berfungsi meningkatkan sel darah merah untuk mencegah anemia, melancarkan saluran pencernaan, meningkatkan energi dan mengurangi stress. Buah ini enak dan sangat bermanfaat.

4. Tomat Untuk Menaikkan Nafsu Makan

Termasuk tinggi serta sekitar 4,2 g/ 100 g tomat, zat ktif yang terkenal dalam buah ini adalah lycopene (anti kanker). Zat gizi lainnya adalah pro vitamin A, Vitamin C, Vitamin B1 dan asam sitrat berkhasiat mencegah kanker. Serta mengandung lecitin untuk menaikkan nafsu makan.

5. Jeruk Yang Menyegarkan

semua jenis jeruk

i2.wp.com

Rasa buah yang satu ini sangat disukai ibu hamil, karena menyegarkan dan menghilangkan rasa mual. Kandungan asam folat yang tinggi bagus untuk pembentukan sel pada janin dalam kandungan. Kandungan utamanya adalah vitamin C yang berfungsi sebagai anti oksidan.

6. Jambu Baik Bagi Kehamilan Tua

Kandungan energi dan glukosa pada jambu sangat rendah, bagus untuk mempertahankan berat badan janin pada trimester akhir. Selain itu kadar serat tinggi mencapai 7,3 g/ 100 g buah, bisa melancarkan pencernaan pada ibu hamil. Kandungan lainnya vitamin A, C fosfor dan magnesium.

7. Mangga Menguatkan Janin

jenis mangga yang manis-manis

i2.wp.com

Mangga mengandung serat yang cukup tinggi sekitar 2,6 g/ 100 g buah, mengandung vitamin A, C, pektin dan fruktosa. Fungsinya yang sangat penting adalah meningkatkan daya tahan tubuh dan menguatkan jaringan. Selain itu melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit.

8. Semangka Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Serat pada buah semangka agak rendah 0,3 g/ 100 g buah, namun kandungan zat gizi lainnya sangat banyak. Semangka juga mengandung vitamin A, vitamin C, kalium, magnesium dan lycopene. Bermanfaat meningkatkan daya tahan tubuh ibu hamil dan janin di dalam kandungan.

9. Kurma Yang Tinggi Energi

Saat trimester pertama, biasanya ibu hamil akan mengalami mual muntah hebat dan tidak nafsu makan. Buah kurma buah yang baik untuk ibu hamil, kandungan glukosanya mencapai 60-70% bisa dijadikan sumber energi pengganti makanan. Juga bagus untuk trimester akhir agar mudah melahirkan.

10. Buah Naga Yang Sakti

buah naga yang merah

4.bp.blogspot.com

Kandungan serat buah naga sekitar 0,7 g/ 100 g buah, berupa serat larut air pektin yang berguna untuk melancarkan pencernaan. Kandungan anti oksidannya sangat tinggi untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan menangkal radikal bebas yang menyerang ibu hamil dan janin.

11. Buah Pir Hijau Yang Tinggi Serat Pektin

Berserat tinggi sekitar 2,3 g/ 100 g buah, berupa serat pektin sangat bagus bagi pencernaan ibu hamil. Selain itu kandungan vitamin C yang tinggi bisa berfungsi sebagai anti oksidan. Pir hijau yang tinggi serat bisa dijadikan pengganti sayur untuk ibu hamil yang tidak suka makan sayur.

12. Melon Melancarkan Saluran Cerna

melon yang manis dan segar

1.bp.blogspot.com

Kandungan serat cukup tinggi yaitu 0,7 g/ 100 g buah, berfungsi melancarkan saluran cerna. Kandungan zat gizi lain seperti karbohidrat berupa karbohidrat kompleks bagus untuk menjaga berat badan janin. Vitamin A dan vitamin C berfungsi sebagai anti oksidan bagi ibu dan janin.

13. Alpukat Yang Tinggi Lemak Esensial

Memiliki manfaat untuk mengatasi anemia (kurang darah) yang terjadi pada ibu hamil karena kandungan lemaknya. Serat termasuk tinggi 2,2 g/ 100 g buah, bagus untuk konstipasi. Kandungan lainnya, protein, vitamin A, kalsium baik bagi kesehatan ibu dan pertumbuhan janin.

Sudah tahu kandungan zat gizi buah-bahan di atas? Jadi sudah punya referensi buah yang baik untuk ibu hamil dan bisa kamu konsumsi.

 

Baca juga artikel tentang ciri-ciri hamil muda

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply