3
30

11 Perubahan Yang Dialami Pria Setelah Jadi Ayah

Apakah kamu merasa adanya perubahan suami setelah punya anak? Perubahan yang dialami pria setelah jadi ayah merupakan hal yang wajar terjadi. Jadi, kamu nggak perlu kamu khawatir ya, moms.

Apa saja sih perubahan seorang pria setelah menjadi ayah? Cukup banyak. Beberapa diantaranya yaitu berat badan bertambah, prioritasnya berubah, dan terjadi perubahan pada bagian otak dan hormonnya. Selain itu, masih banyak perubahan lainnya. Apa saja perubahan tersebut? Berikut ulasan selengkapnya.

1. Hormon Testosteron Menurun

mulai menua dan lembek

hellosehat.com

Tahu nggak sih, hormon testosteron akan menurun setelah pria menjadi ayah? Hal inilah yang menyebabkan seorang pria dapat lebih bertanggung jawab dan memiliki pola asuh yang baik. Selain itu, menurunnya testosteron dapat membangun ikatan batin yang lebih kuat antara ayah dengan buah hatinya.

Memangnya kenapa sih kalau tubuh tetap mempertahankan hormon testosteron tetap tinggi? Apakah kamu punya pikiran seperti itu? Jangan sampai deh hormon testosteron ayah tetap tinggi. Jika kondisinya demikian, si ayah akan cenderung sulit mengendalikan amarah. Bahkan, empatinya kurang dan lebih nekat.

2. Perubahan Pada Otak

Salah satu penyebab sikap suami setelah punya anak berubah adalah pembentukan jaringan-jaringan baru pada otaknya. Hal ini menyebabkan sikap ayah lebih peka terhadap si kecil. Bahkan, penelitian dari National Academy of Science di Amarika Serikat membuktikan bahwa otak pria yang baru menjadi ayah akan teraktivasi seperti halnya ketika ibu melihat anaknya bermain.

Nggak sedikit orang yang ragu akan kemampuan ayah mengenali bayinya. Apakah kamu punya pemikiran yang sama? Anggapanmu dipatahkan oleh hasil riset dari Paris yang membuktikan bahwa ayah berhasil menentukan tangisan bayinya dengan persentase 90%. Jadi, jangan ragukan kemampuan pria yang telah menjadi ayah, ya!

3. Pasca Istri Melahirkan, Pria Akan Mengalami Depresi

banyak fikiran manjadi stress

hellosehat.com

Depresi pasca melahirkan nggak dialami oleh wanita saja, lho. Namun, pria yang baru menjadi ayah juga mengalami hal tersebut. Hanya saja depresi tersebut berbeda dengan yang dialami oleh wanita.

Mengapa hal ini terjadi? Karena akan banyak perubahan yang dialaminya dalam waktu yang singkat dan harus segera dilakukan. Beberapa diantaranya yaitu mengubah rutinitas yang sudah biasa ia lakukan dan merasa terasing karena pasangannya akan lebih fokus pada si kecil.

Pria memang nggak menyadari rasa depresi tersebut. Justru hal tersebut dirasakan oleh orang-orang yang ada di sekitarnya. Biasanya pria yang menjadi ayah tampak malas di rumah, menjauh dari bayi, mudah tersinggung, dan kehilangan gairah, termasuk gairah seksual.

4. Perubahan Berat Badan

Kalau perubahan ini pasti sudah sering kamu lihat bukan? Ya, pada umumnya pria yang sudah memiliki anak akan bertambah berat badannya. Sebuah riset membuktikan bahwa mamalia jantan seperti primata, akan mengalami penambahan berat badan sekitar 20% ketika pasangannya mengandung.

Hal ini kemungkinan besar bertujuan untuk menyiapkan energi dalam rangka merawat anak yang nantinya akan dilahirkan. Biasanya para peneliti menyebut hal ini sebagai “gejala kehamilan simpatik”. Selain penambahan berat badan, pria juga menunjukkan tanda mual, emosional, susah tidur, gugup, sakit punggung, dan sakit kepala.

5. Prioritasnya Berubah

prioritasnya berubah manjadi focus untuk keluarga

homeofficecareers.com

Merasa suami kurang perhatian setelah punya anak? Jangan merasa jika dia sudah nggak menyayangimu seperti dulu atau ada wanita idaman lain ya. Pasalnya, kini prioritasnya sudah terbagi dengan si kecil. Nggak lucu kan kalau kamu cemburu dengan buah hati sendiri?

6. Kepercayaan Diri Meningkat

Seorang pria yang baru menjadi seorang ayah akan merasa lebih percaya diri dari sebelumnya. Hal ini terjadi karena dia bangga telah memiliki anak dan memiliki panggilan baru ”ayah”. Jadi, jangan kaget ya kalau suami lebih sering membanggakan dirinya sendiri.

7. Mulai Memiliki Sifat Keibuan

laki-laki menjadi keibuan ketika menjadi ayah

cdn.idntimes.com

Lahirnya buah hati dapat membuat seorang pria juga melahirkan tanggung jawab. Hal ini mendorong seorang ayah untuk ikut memberikan perhatian dan juga pengasuhan terhadap buah hati. Bahkan, hal ini juga dialami oleh pasangan gay yang memiliki anak dengan berbagai cara.

8. Mempunyai Keterikatan Kuat Dengan Buah Hatinya

Selain testosteron, hormon oksitosin pada ayah juga mengalami perubahan lho. Namun, jumlahnya mengalami kenaikan tak seperti testosteron yang yang mengalami penurunan. Peningkatan ini disebabkan karena adanya kontak dengan buah hati.

Nggak percaya? Coba deh lihat, anak akan lebih ceria dan atraktif ketika suami mengajaknya bermain sepulang kerja. Selain itu, kamu juga bisa melihatnya saat buah hati melihat ayahnya pulang kerja. Bahkan, sang ayah rela bermain dengan anak meski dia sedang kelelahan.

9. Merasa Uang Nggak Pernah Cukup

banyak kebutuhan yang menguras isi dompet

blibli.com

Apakah kamu merasa jika suami cuek setelah punya anak? Sebenarnya hal ini wajar saja. Mengapa demikian? Selain perasaan senang karena lahirnya buah hati, di sisi lain pria yang baru memiliki anak juga akan merasa bingung. Hal ini dikarenakan ia merasa uang nggak pernah cukup.

Bertambahnya anggota baru memang membuat kebutuhan semakin banyak. Oleh karena itu, suami selalu berpikir untuk mencukupi kebutuhan kalian. Karena banyaknya hal yang ia pikirkan, dia menjadi terlihat cuek. Jadi, jangan berpikir aneh-aneh jika suami terlihat cuek ya, moms.

10. Merasa Terintimidasi

Sikap suami berubah setelah punya anak juga mungkin karena terintimidasi olehmu. Lho kok bisa? Karena secara alamiah, kamu mempunyai apa yang dibutuhkan oleh si kecil.  Sedangkan, suamimu nggak memiliki hal tersebut.

Kamu bisa menghibur suami dengan memintanya memberikan susu si kecil menggunakan botol. Terlihat sepele bukan? Tapi hal ini sangat berarti bagi suami. Selain itu, biarkan suami melakukan hal yang bisa ia lakukan untuk si kecil. Kamu cukup mengarahkannya saja.

11. Ikatan Teman Baru

teman baru yang seperti sodara

mia.doripos.com

Seiring berjalannya waktu, kamu atau suami akan bertemu dengan banyak orang baru. Sebagian besar dari mereka kemungkinan besar adalah orang dewasa yang telah memiliki anak. Dengan demikian, suami akan memiliki ikatan teman baru yang bisa dimanfaatkan untuk berbagi banyak hal dalam menumbuh kembangkan buah hati.

Baca juga artikel tips menjaga hubungan tetap romantis

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply